Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Bacaannya Lengkap


Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang bisa diamalkan oleh umat muslim untuk memperkaya pahala ibadah. Waktu pelaksanaannya adalah setelah sholat Isya hingga fajar, serta setelah bangun dari tidur.

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Menurut buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh & Dhuha karya Adnan Tarsyah, terdapat beberapa dalil yang mengungkapkan keutamaan bangun pada dua pertiga malam untuk melaksanakan tahajud, salah satunya terdapat dalam surah Al-Muzzammil ayat 1-20.

Baca Juga : Doa Sesudah Sholat Tahajud Agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT

Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang keutamaan sholat tahajud, yang bunyinya sebagai berikut,


"Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian, juga sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, sebagai penebus dosa, mencegah dosa, serta dapat menghindarkan penyakit dari tubuh," (HR Imam Tirmidzi & Ahmad).


Pengertian tahajud dalam bahasa Arab secara harfiah berarti tidur, seperti yang dijelaskan oleh Muhafizah el-Feyza dalam bukunya yang berjudul Sholat Tahajud dalam Al-Qur'an (Manfaat Sholat Tahajud bagi Kesehatan Mental). Namun, menurut Al-Biqa'i dalam Tafsir Al-Misbah karya M Quraish Shihab, tahajud diartikan sebagai meninggalkan tidur dan melaksanakan sholat.


Tata cara melaksanakan sholat tahajud sama seperti sholat pada umumnya. Tidak ada bacaan khusus yang harus dilakukan saat sholat tahajud. Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita dapat membaca surat Al-Qur'an lainnya.


Lalu, bagaimana dengan tata cara sholat tahajud 2 rakaat? Berikut ini adalah tata cara sholat tahajud 2 rakaat dan bacaannya.


Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat

Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat tahajud berdasarkan Buku Sholat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd Muqit.


1. Membaca niat sholat tahajud.


اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى


Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."


2. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah.


3. Membaca surat Al Fatihah.


4. Membaca surat dalam Al-Qur'an.


5. Rukuk.


6. Itidal.


7. Sujud.


8. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama.


9. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua.


10. Salam.


Selanjutnya, setelah melaksanakan sholat tahajud, terdapat bacaan doa yang dapat diamalkan sebagai penutup setelah sholat. Berikut ini adalah bacaan doa setelah sholat tahajud.


Bacaan Doa setelah Sholat Tahajud

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


Arab latin: "Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal'ardhi wa manfiihina wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna.


Wal lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa'dukalhaqq, wa liqaa'uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallam haqq, wassaa'atu haqq.


Allahumma laka aslamtu wa 'alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashuamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu'akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa illaa annta."


Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.


Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.


Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.


Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.


Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau,"


Sekian adalah sekilas pembahasan mengenai tata cara sholat tahajud 2 rakaat dan bacaannya. Semoga bermanfaat ya, detikers!

sumber : detik.com

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Bacaannya Lengkap"