Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Ini Dia 9 Tips Agar Tetap Semangat Kerja di Hari Senin


Setelah dua hari menikmati akhir pekan yang santai dan menyenangkan, memang rasanya agak sulit harus tetap semangat kerja hari Senin. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. Bagi Anda yang sering mengalami Monday Blues dalam bekerja, yuk lakukan beberapa hal yang bisa kembalikan semangat kerja hari Senin Anda!


Jangan terlena dengan kemalasan karena membayangkan hal-hal yang buruk atau rutinitas pekerjaan yang akan Anda lakukan di hari Senin. Nyatanya, hari Senin dapat dibuat menjadi hari penuh semangat jika Anda menata pikiran dan mempersiapkannya dengan baik.


Artikel kali ini akan memberikan tips semangat kerja di hari Senin yang bisa Anda terapkan demi Senin yang anti loyo. Simak tipsnya berikut ini!


1. Buat jadwal kegiatan

Tips semangat hari Senin yang pertama adalah membuat jadwal kegiatan Anda. Setelah menghabiskan waktu akhir pekan dengan bersantai, mungkin saja Anda lupa kegiatan apa saja yang harus dilakukan di hari Senin. Jangan sampai Anda melupakan hal yang penting gara-gara terlalu santai di akhir pekan!


Luangkan waktu maksimal satu hari sebelumnya untuk mengingat-ingat dan membuat jadwal kegiatan yang harus Anda lakukan di hari Senin. Tulis detail kegiatan, pekerjaan yang harus dilakukan, atau bertemu dengan siapa lengkap dengan tempat dan waktunya. Dengan begitu, hari Senin Anda lebih tertata dan Anda lebih menjadi lebih siap.


2. Tidur lebih awal

Setelah membuat jadwal kegiatan, menjaga stamina Anda menjadi hal yang utama agar tetap semangat di hari Senin. Biasanya, banyak orang yang begadang karena tidak rela berpisah dengan akhir pekan. Namun, hal itu malah akan membuat Anda malas bekerja esok harinya karena kekurangan tenaga.


Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidur lebih awal untuk mengumpulkan energi agar siap dan semangat menghadapi kegiatan pekerjaan di hari Senin. Dengan tidur lebih awal, Anda akan bisa bangun lebih pagi dan mood Anda juga bagus karena kebutuhan istirahat Anda terpenuhi.


3. Hilangkan pikiran negatif

Salah satu hal yang berperan besar dalam bagaimana Anda menjalani hari adalah pikiran Anda sendiri. Jika Anda telah berpikiran buruk terhadap hari Senin, maka Anda akan terus merasa malas dan tidak bersemangat bahkan di hari-hari sebelumnya.


Jangan biarkan pikiran buruk atas apa yang belum tentu terjadi menguasai Anda.Selain itu, berpikiran negatif secara terus-menerus juga malah akan membuat Anda stress dan sakit. Lebih baik Anda membayangkan hal-hal yang baik dan memotivasi diri sendiri agar semangat Anda untuk bekerja di hari Senin meningkat. 


4. Mandi air dingin

Hal yang paling berat dilakukan di hari Senin adalah bangun pagi, terutama jika di akhir pekan Anda terbiasa tidur sampai siang. Rasanya malas sekali untuk bangun pagi, mandi, bersiap-siap, dan berangkat ke kantor di pagi yang dingin.


Lawan rasa malas tersebut dengan mandi air dingin. Membasuh wajah dan tubuh dengan air dingin akan membuat Anda “melek” dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, mandi air dingin juga akan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih segar.


5. Kenakan pakaian terbaik

Banyak riset yang membuktikan bahwa pakaian yang dikenakan berpengaruh terhadap bagaimana seseorang bersikap. Selain itu, apa yang Anda kenakan juga dapat mempengaruhi mood Anda, lho! Misalnya ketika Anda mengenakan pakaian yang tipis padahal cuaca sedang dingin, maka otomatis mood Anda seharian juga akan terganggu karena kedinginan atau penyesalan.


Oleh sebab itu, untuk meningkatkan semangat kerja hari Senin, pilihlah pakaian yang tepat. Kenakan pakaian yang nyaman, menarik, dan profesional ke kantor. Jika kantor Anda merupakan perusahaan startup yang mengusung dress code smart casual, maka Anda bisa lebih bebas berkreasi dalam memilih pakaian yang nyaman namun tetap pantas.


6. Jangan lupa sarapan

Satu hal yang penting untuk membuat Senin Anda anti loyo adalah jangan melewatkan sarapan. Sarapan merupakan pondasi bagi tubuh Anda untuk menghasilkan energi agar Anda dapat melakukan pekerjaan di kantor dengan baik. Meski demikian, bukan berarti semakin banyak sarapan semakin banyak asupan energi Anda.


Anda harus tetap memperhatikan asupan gizi menu sarapan Anda. Jangan sampai alih-alih menghasilkan energi, menu sarapan Anda malah membuat ngantuk atau bahkan bikin penyakit. Sebaiknya, buat menu sarapan yang ringan dan sederhana namun padat gizi seperti oatmeal, roti isi, waffle, dan lain sebagainya.


7. Berangkat lebih pagi

Hal lain yang bikin malas di hari Senin adalah kondisi jalanan yang lebih macet dibanding hari-hari kerja lainnya. Membayangkan terjebak macet di jalanan menuju kantor tentu dapat menyurutkan semangat kerja Anda.


Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda berangkat lebih pagi untuk menghindari kemacetan dan antisipasi jika kondisi jalan lebih buruk dari biasanya karena hal-hal tidak terduga. Selain itu, lebih baik datang lebih awal dibandingkan terlambat karena segalanya akan menjadi chaos dan terburu-buru jika Anda datang “mepet” waktu atau telat.


8. Rapikan meja kantor

Fungsi dari berangkat lebih awal salah satunya adalah Anda jadi memiliki waktu luang untuk merapikan meja kerja Anda. Sebab, meja kerja yang berantakan dengan tumpukan berkas, debu, dan lain-lain dapat membuat semangat kerja Anda menurun.


Selain merapikan meja kerja kantor, Anda juga bisa merias meja kerja dengan bingkai foto favorit, bunga atau tumbuhan dalam ruangan lainnya, diffuser, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih termotivasi dan semangat untuk menjalani rutinitas pekerjaan di hari Senin.


9. Buat playlist lagu favorit

Tips semangat hari Senin yang terakhir adalah membuat playlist lagu kesukaan Anda. Pastikan lagu-lagu yang ada di playlist Anda ini lagu yang menambah semangat dengan tempo yang beat up dan ceria, bukan lagu-lagu bertempo lambat dan galau. Alih-alih semangat, Anda malah sedih seharian.


Anda bisa mendengarkan lagu-lagu tersebut di mobil saat perjalanan ke kantor atau saat bekerja. Selain lagu, Anda juga bisa mendengarkan podcast-podcast dengan konten penyemangat atau komedi untuk meningkatkan mood. Jangan lupa menggunakan earphone ya agar tidak mengganggu rekan kerja lainnya.

Posting Komentar untuk "Ini Dia 9 Tips Agar Tetap Semangat Kerja di Hari Senin"