Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Denny Sumargo Baca Al Fatihah untuk Doakan Sang Ayah, Bagimana Hukum Non-Muslim Baca Alquran?


Denny Sumargo diketahui berbeda agama dengan mendiang sang ayah, Chang Bin Bandaro. Densu sapaan akrab Denny Sumargo memeluk katolik, sementara ayahnya merupakan seorang muslim.


Namun, perbedaan agama Denny Sumargo dan ayahnya tak membuatnya melupakan sang ayah yang kini telah lebih dulu meninggal dunia.


Pria yang sering disapa Pebasket Sombong itu juga ternyata masih rutin berziarah ke makam sang ayah hingga kini.


Seringkali Denny Sumargo baca Al Fatihah untuk doakan sang ayah agar mendapat tempat terindah di sisi tuhan. Karenanya, ia pun bahkan hafal surat Al Fatihah. 


"Kalau yang tahu kenapa gue hafal doa Al-Fatihah, itu karena dulu gue doain bapak gue dengan Al-Fatihah juga walaupun gue non (non muslim)," kata Denny Sumargo melalui video yang diunggah di akun TikTok-nya.


"Menurut gue setiap doa itu ada niat baik dari hati, caranya mungkin beda-beda tapi gue percaya Tuhan lihat hati orang," ujar aktor film "5 Cm" itu menambahkan.


Lalu Bagaimana hukum non-muslim baca Alquran, seperti yang dilakukan Denny Sumargo?


Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Prof. KH.Yahya Zainul Ma'arif atau yang dikenal Buya Yahya pernah menjawab pertanyaan tampak serupa dengan Denny Sumargo baca Al Fatihah 


Jamaahnya bertanya bagaimana hukum orang non-muslim bersalawat, apakah diterima Allah atau tidak?.


Buya Yahya juga menyinggung hukum non-muslim yang membaca Alquran saat menjawab pertanyaan tersebut.


"Jika ada orang non-muslim, jangankan membaca salawat, membaca Alquran, hafal Alquran sekalipun, mengumandangkan dengan suara yang merdu, tetapi setelah membaca Alquran dia (masih) menuhankan selain Allah, maka semua bacaannya tidak ada artinya," kata Buya Yahya dikutip dari Youtube Al-Bahjah TV, Selasa (21/6/2023).


Buya Yahya memaparkan, apa yang dilantunkan non muslim hanya sekadar menjadi bacaan. Sehingga, tak ada nilai atau pahala yang didapat.


"Karena itu sekadar bacaan bagi dia, bukan sebuah keyakinan. Karena apa? Setelah dia melantunkan itu semuanya, tetap kembali kepada keyakinannya dan dia di saat membacapun dalam keyakinannya," ujar Buya Yahya.

sumber : suara.com

Posting Komentar untuk "Denny Sumargo Baca Al Fatihah untuk Doakan Sang Ayah, Bagimana Hukum Non-Muslim Baca Alquran?"