Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Momen Cak Imin Bantu Jemaah Haji Lansia yang Kelelahan di Mina



Cuaca ekstrem di Arab Saudi membuat ribuan jemaah haji yang sedang melaksanakan lempar jumrah kelelahan. Diketahui suhu di Arab Saudi pada Rabu (28/6) kemarin mencapai 40-42 derajat Celsius.

Adapun salah satu yang mengalami kelelahan yaitu seorang jemaah haji perempuan asal Lamongan. Jemaah haji berusia 60 tahunan itu tampak terduduk lemas di area pelemparan jumrah di Mina.


Melihat kondisi jemaah itu, Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) langsung menghampiri dan memberikan pertolongan pertama berupa air minum dan sepotong kue.


"Ini siapa Karomnya (kepala rombongan). Tolong ini dibantu, dijaga ya. Laporkan ke tim kesehatan dan segera beri perawatan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6/2023).


Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga memberikan semangat agar jemaah tersebut tetap kuat dan menjaga kesehatan sepanjang pelaksanaan ibadah haji.


"Ibu sing kuat njih, insyaallah berkah, sebentar lagi niki (ini) selesai (pelaksanaan ibadah haji)," katanya


Sebelumnya dilaporkan lebih dari 6.700 jemaah haji dirawat karena kelelahan dan sengatan panas matahari atau heat stroke sejak dimulainya ibadah haji. Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Dr. Muhammad Al-Abdel Ali.


Otoritas Saudi telah menugaskan puluhan ribu tenaga kesehatan untuk ibadah haji dan sukarelawan membagikan air. Dengan suhu pagi yang mencapai lebih dari 42 derajat Celsius, kerumunan besar jemaah haji berjalan atau naik bus menuju kompleks Jamarat yang luas di luar kota suci Makkah.


Baca artikel detiknews, "Momen Cak Imin Bantu Jemaah Haji Lansia yang Kelelahan di Mina" selengkapnya

Posting Komentar untuk "Momen Cak Imin Bantu Jemaah Haji Lansia yang Kelelahan di Mina"