Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Inilah Doa yang Paling Sering Dibaca Rasulullah

Rasulullah SAW banyak mengajarkan doa-doa sebagai amalan yang dapat dilakukan umat Islam. Inilah salah satu doa yang paling sering dibaca Rasulullah SAW.

Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqih Sunnah 2 memaparkan mengenai doa yang paling utama yang sering dibaca Rasulullah SAW. Ulama fikih ini menyandarkan pada sejumlah riwayat. Aisyah berkata, "Nabi Muhammad SAW menyukai doa-doa yang singkat dan padat dan meninggalkan doa-doa lainnya."


Berikut sejumlah doa yang paling sering dibaca Rasulullah SAW.


Doa yang Paling Sering Dibaca Rasulullah

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النار.

Allahumma rabbanâ âtinâ fid-dunyâ hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina 'adzaban når.


Artinya: "Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka."


Selain itu, di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya bahwa suatu ketika Rasulullah SAW mendatangi seorang muslim yang telah lemah dan kurus laksana anak ayam. Rasulullah SAW bertanya kepadanya, "Apakah kamu pernah berdoa sesuatu kepada-Nya?"


Ia menjawab, "Ya, aku pernah berdoa, 'Ya Allah, apa yang akan Engkau siksakan kepadaku di akhirat, percepatlah siksa untukku itu di dunia.'" Rasulullah SAW bersabda,


سُبْحَانَ الله ! لاَ تُطيقُهُ أَوْ لاَ تَسْتَطِيعُهُ أَفَلَا قَلْتَ اللَّهُمَّ آتنا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ .


Artinya: "Subhanallah! Kamu tidak akan mampu menahannya). Lebih baik kamu membaca doa: Allahumma åtina fid-dunyà hasanatan wa fil-âkhirati hasanatan wa qinà adzaba an-nari (Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa neraka)."

Disebutkan pula di dalam sebuah riwayat bahwa Sa'ad mendengar anaknya berdoa, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon surga, yang kamar-kamarnya begini dan begini. Aku berlindung kepada-Mu dari api neraka, borgol-borgolnya dan rantai-rantainya. "


Sa'ad berkata, "Kamu telah meminta kebaikan yang banyak kepada Allah SWT dan memohon perlindungan kepada-Nya dari keburukan yang banyak. Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda,


سَيَكُونُ قَوْمٌ يَعْتَدُونَ في الدُّعَاء.


Artinya: "Akan datang suatu kaum yang melampaui batas dalam berdoa." Cukuplah kamu berdoa,


اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِكَ منَ الشَّرِّركُلِّه مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعلم.


Allahumma inni as aluka minl-khairi kullihi må 'alimtu minhu wa mâ lam a'lam, wa a'udzu bi-ka minsy-syarri kullihi mà alimtu minhu wa må lam alam


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu segala kebaikan, baik kebaikan yang aku ketahui maupun kebaikan yang tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan, baik keburukan yang aku ketahui maupun kebaikan yang tidak aku ketahui." (HR Abu Dawud)


Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa di antara doa Nabi SAW,


رَبِّ أَعِنِّي وَلَا تُعِنْ عَلَيَّ وَانْصُرْنِي وَلَا تَنْصُرْ عَلَيَّ وَامْكُرْ لِي وَلَا تَمْكُرْ عَلَيَّ وَاهْدِنِي وَيَسِّر الهُدَى لي وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيَّ، رَبِّ اجْعَلْنِي لَكَ شَكَارًا لَكَ ذَكَارًا لَكَ رَهَّابًا لَكَ مِطْوَاعًا لَكَ تُحْبَنَا أَوَّاهَا إِلَيْكَ مُسَيَّا رَبِّ تَقَبَّلْ تَوْبَتِي وَاغْسِلْ حَوْبَتِي وَأَحِبْ دَعْوَتِي وَثَبِّتْ حُجَّنِي وَسَدِّدْ لِسَانِي وَاهْدِ قَلِي وَاسْلُلْ سَحَيْمَةَ صَدْرِي.


Rabbi a inni wa la tu'in 'alaiyya wanshurni wa lâ tanshur 'alaiyya, wa- mkur li wa la tamkur alaiyya wa-hdini wa yassir al-huda li wanshurni ala man baga alayya, rabbij'alni la ka syakkaran la-ka dzakkaran, la-ka rahhaban, laka mithwa'an, la-ka mukhbitan awwahan, ilaika muniban, rabbi taqabbal taubati wa-gsil haubati, wa ajib da'wati wa tsabbit hujjati wa saddid lisani wa-hdi qalbi wa-slul skhimata shadri


Artinya: "Ya Tuhan, tolonglah aku dan janganlah Engkau buat diriku terkalahkan, buatlah diriku waspada dan jangan buat diriku terpedaya, berilah aku petunjuk, mudahkanlah petunjuk untukku, tolonglah aku dalam menghadapi orang yang berbuat aniaya terhadapku. Ya Tuhan, jadikanlah aku orang yang banyak bersyukur kepada-Mu, orang yang banyak mengingat-Mu, orang yang banyak takut kepada-Mu, orang yang banyak taat kepada-Mu, orang yang khusyuk dan banyak kembali kepada-Mu. Ya Tuhan, terimalah tobatku, basuhlah dosaku, kabulkanlah doaku, kuatkanlah hujjah-ku, benarkanlah lisanku, tunjukkanlah hatiku, dan hilangkanlah kedengkian di dalam hatiku."


Baca artikel detikhikmah, "Doa yang Paling Sering Dibaca Rasulullah" selengkapnya 

Posting Komentar untuk "Inilah Doa yang Paling Sering Dibaca Rasulullah"