Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Kapan Batas Waktu Sholat Isya? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat



BATAS waktu Sholat Isya. Sholat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang jumlahnya ada 5 waktu. Salah satunya adalah Sholat Isya. Ini sholat wajib setelah maghrib.


Mungkin banyak yang bertanya kapan batas waktu Sholat Isya? Dilansir nu.or.id, Sholat Isya masuk pada waktu senja sore yang sudah menghilang.


"Waktu Sholat Isya dimulai sejak selesainya waktu maghrib hingga terbitnya waktu fajar sebagai pertanda waktu masuknya sembahyang shubuh," jelas keterangan tersebut.


Sebagaimana diketahui, Sholat Maghrib dimulai sejak terbenamnya matahari hingga hilangnya awan berwarna merah dari cakrawala. Sesuai hadits riwayat Imam Muslim nomor 612:


وقت المغرب ما لم يغب الشفق


"Waktu maghrib berakhir hingga hilangnya awan merah dari cakrawala."


Sementara menurut Ustadz Adi Hidayat sebaiknya Sholat Isya dijalankan tepat waktu setelah adzan berkumandang. Waktu Sholat Isya yang ditoleransi ialah sampai waktu dini hari atau sekira jam 00.00 WIB.


Ia mengatakan, tidak dianjurkan atau tak disukai bila dilakukan mepet waktu Sholat Subuh (berakhirnya waktu malam/masuk waktu subuh). 


Mereka yang menunda Sholat Isya sampai tengah malam pun bagi yang terbiasa menjalankan sholat tahajud pada malam hari.


"Jika Anda kemudian ingin berusaha menaikkan tahajud dan terbiasa tahajud, maka boleh kemudian menghasilkan Sholat Isya tapi pada batas-batas yang ditoleransi tidak mepet pada batas waktu subuh," kata UAH dalam tayangan di kanal YouTube Info Singkat.


"Tapi lebih baik prinsipnya tunaikan dari batas awal waktu sampai ke waktu pertengahan atau tengah malam, kalau kita ambil jam 12.00 sampai jam 01.00. Namun sholat sampai jam dianggap tidak disukai, bahkan bagi orang-orang yang sengaja mengakhirkan Sholat Isya sampai waktu 'Sahar' sampai ke sini 30 menit sebelum waktu subuh," jelasnya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

sumber : muslim.okezone.com

Posting Komentar untuk "Kapan Batas Waktu Sholat Isya? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat"