Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

13 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal, Bisa untuk Pelajar



Era digital sekarang ini memberikan banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet. Bahkan tanpa modal, siapa pun termasuk pelajar bisa mendapatkan penghasilan lewat internet. Tak sedikit orang berhasil untung besar dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

Yang dimaksud tanpa modal ini bisa berarti tanpa modal uang sepersen pun atau dengan modal kecil. Dan tentunya, menghasilkan uang lewat internet harus lebih banyak menggunakan modal kreativitas dan peralatan standar. Di bawah ini akan kita ulas 13 cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal.


Cara Menghasilkan Uang dari Internet Cuma Modal HP

Berikut ini cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan cuma dengan bermodal HP.


1. TikTok

Dengan membuat akun TikTok, kamu bisa memproduksi konten-konten kreatif. Kamu boleh memodifikasi konten-konten yang sedang viral atau membuat konten yang benar-benar baru. Salah satu tipsnya, buatlah konten dengan satu tema saja.


Jika kontenmu banyak yang viral, kamu berkesempatan mendapatkan iklan atau endorse produk tertentu. Atau kamu bisa Live TikTok dan mendapatkan uang dari virtual gift orang-orang yang menonton tayanganmu.


2. YouTube

YouTube memiliki fitur monetisasi bagi kreator yang sudah punya 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu tonton. Bagi pemula mungkin akan terlihat sulit. Untuk itu, kamu harus rutin membuat konten. Kuncinya ada pada konsistensi dan terus berkreasi dengan senang hati.


Satu saja video kamu berhasil viral, maka memungkinkanmu mendapatkan 1.000 subscribers dengan cepat. Untuk produksi video YouTube, mulai dari merekam, mengedit hingga mengunggah bisa dilakukan lewat HP.


3. Afiliasi

Yang sedang menjadi tren adalah menjadi afiliator atau mengikuti program afiliasi di sejumlah platform, misalnya di TikTok atau Shopee. Syaratnya cukup mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa ada syarat minimal followers.


Uniknya, kamu tidak perlu berkomunikasi dengan produsen dari produk yang kamu jual. Kamu juga mungkin tidak tahu siapa pembelimu.


Dengan mengikuti program ini, kamu bisa menjual produk apa saja milik orang lain. Kamu cukup membuat konten video saja. Setiap pembelian lewat link yang kamu sertakan maka akan memberikanmu keuntungan.


4. Blogging

Buat kamu yang hobi menulis, membuat blog bisa menjadi pilihanmu. Banyak orang yang berawal dari menyalurkan hobi menulis di blog, kemudian sukses mendapatkan keuntungan dari tulisannya tersebut.


Keuntungan dapat diperoleh dari iklan yang terpasang di blog. Semakin banyak orang masuk ke blog kamu, maka semakin banyak uang yang diperoleh. Atau kamu mungkin akan mendapatkan tawaran pekerjaan menulis oleh seseorang atau perusahaan.


Kini ngeblog juga bisa dilakukan lewat HP. Namun untuk platform tertentu, mungkin akan lebih nyaman menggunakan komputer atau laptop.


5. Bisnis Pre-Order

Bisnis pre-order (PO) merupakan salah satu bisnis yang minim risiko. Caranya dengan mengiklankan produkmu di internet, baik lewat WhatsApp, Instagram, TikTok, Facebook dan lainnya. Jangan lupa tuliskan produkmu dijual dengan sistem PO.


Beri batas waktu PO, dan beri kepastian waktu kapan produk tersebut akan dikirim. Kelebihan PO adalah kamu sudah tahu berapa produk yang terjual, sehingga tidak perlu menyimpan stok yang berpotensi tidak terjual. Uang pembayaran pun diterima di muka, sehingga kamu tak perlu pakai modal sendiri.


6. Jastip

Jasa titip atau jastip juga digandrungi anak muda karena bisnis ini minim risiko. Sistem ini banyak digunakan orang-orang yang sedang pergi ke suatu tempat. Sebelum ke sana, kamu bisa umumkan di WA atau medsos terkait rencana kamu ke suatu tempat beserta waktunya.


Kamu cukup persilakan orang yang mau titip membelikan barang untuknya. Kamu bisa pasang foto produk terlebih dahulu beserta harga dan biaya jasa kamu.


7. Dropshipping

Dropshipping adalah ketika kamu membantu menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan program afiliasi, di sini kamu harus betul-betul memasarkan produk sendiri dan menjadi perantara antara produsen dan konsumen.


Ketika konsumen membeli produk itu, kamu cukup menghubungi produsen untuk mengirimkan langsung ke alamat konsumen. Besar keuntungan biasanya sudah dibuat oleh produsen secara tertulis.


8. Memanfaatkan Aplikasi Penghasil Uang

Ada banyak aplikasi yang menawarkan uang hanya dengan cara sederhana. Antara lain kamu diminta membagikan dan membaca artikel atau menonton video dengan waktu atau jumlah tertentu. Agar mendapatkan uang dalam jumlah banyak, kamu harus konsisten melakukan tugas tersebut.


9. Jual Barang Bekas

Lewat medsos maupun marketplace, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijual. Nilai penjualan barang bekas mungkin lebih kecil daripada waktu kamu membelinya. Akan tetapi daripada tidak terpakai, barang bekas lebih baik kamu jual.


Barang bekas yang sering dijual adalah pakaian. Atau kalau kamu kolektor, kamu bisa menjual barang bekas dengan nilai yang tinggi.


Cara Menghasilkan Uang dari Internet Modal Alat Khusus

Selanjutnya adalah menghasilkan uang dari internet yang modalnya tidak sekadar HP, namun membutuhkan peralatan khusus lainnya.


1. Podcaster

Podcast sekarang ini sedang digemari dan banyak ditonton di YouTube maupun didengar di Spotify atau platform lainnya. Podcast berisi bincang-bincang mengenai suatu hal dengan tema bebas.


Untuk menarik perhatian, biasanya orang mengundang tokoh ternama. Atau jika tidak, kamu bisa juga mencari orang yang inspiratif untuk diajak berbincang-bincang denganmu.


Podcast sederhana dalam bentuk audio bisa dibuat hanya dengan HP. Tapi akan lebih baik jika menggunakan tambahan mikrofon, apalagi jika dibuat dalam bentuk video.


2. Jual Foto-Video

Kini semakin banyak platform yang bisa menjadi tempatmu menjual karya foto maupun video. Selain harus memiliki skill dan kreativitas, akan lebih baik jika kamu menggunakan kamera profesional. Beberapa situs tersebut, yaitu Getty Images, Shutterstock, Adobe Stock, dan sebagainya.


3. Jasa Editing Foto-Video

Kamu pun dapat membuka jasa editing foto dan video di internet. Seperti berjualan produk lain, kamu bisa mengiklankan jasa kamu di WA atau medsos lainnya. Akan lebih terpercaya jika kamu menampilkan hasil karyamu, sehingga orang akan semakin yakin menggunakan jasamu. Untuk mengedit foto dan video, akan lebih profesional jika menggunakan komputer atau laptop.


4. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis sekarang makin banyak dibutuhkan. Tanpa harus bertemu, desainer grafis dan pelanggan bisa saling berkomunikasi virtual untuk menyamakan persepsi desain yang diharapkan. Memang banyak aplikasi desain di HP, tapi akan lebih nyaman jika menggunakan komputer atau laptop.


Nah, itulah tadi 13 cara menghasilkan uang dari internet, baik tanpa modal maupun dengan tambahan perlengkapan khusus. Semoga informasi ini bermanfaat buat detikers.

Baca artikel selengkapnya detikfinance, "13 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal, Bisa untuk Pelajar

Posting Komentar untuk "13 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal, Bisa untuk Pelajar"