Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Cara Mengisi Usulan Pembangunan hasil Musrenbang di aplikasi SIPD

 

Temen-temen udah tau kan apa itu SIPD?

Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) merupakan salah satu tools penting dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di daerah, terutama dalam hal ketersediaan data yang valid untuk analisis perencanaan pembangunan dan pemetaan.

Karena Perencanaan Pembangunan yang tidak dilandaskan pada data menyebabkan kebijakan yang dihasilkan tidak tepat sasaran, lokasi, alokasi dan riskan adanya duplikasi kegiatan.

Nah lalu bagaimana cara kita agar bisa Mengisi Usulan Pembangunan hasil Musrenbang di aplikasi SIPD?

simak cara berikut ini

1. kita login ke website SIPD di kabupaten kita masing-masing, karena setiap kabupaten memiliki link tersendiri, saya contohkan disini kita masuk ke link Pemerintah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, maka kamu bisa langsung klik link berikut ini : https://tanggamuskab.sipd.kemendagri.go.id/

2. jika sudah terbuka tampilan seperti, maka klik pada bagian Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( bagian gambar paling kiri )

3. Setelah itu klik kembali gambar yang paling tengah atau bagian Perencanaan Pembangunan Daerah


4. Kemudian Klik Kembali Bagian Perencanaan Pembangunan Daerah yang berada di gambar paling kanan dibawah ini


5. setelah itu dashboard Login akan tampil dan kita tinggal memasukan username dan password yang sudah kita miliki, jika kamu belum memiliki maka kamu bisa menghubungi Pihak Kecamatan atau Operator yang membidangi ( Seperti Kepala Seksi Pembangunan di wilayah mu )



6. Setelah kamu berhasil masuk maka kamu diminta memilih Tahun anggaran yang ingin kamu usulkan atau kamu juga bisa melihat dan memantau usulan mu di tahun lalu apakah sudah diterima atau ditolak oleh pemerintah daerah



7. Pada menu Tab Usulan Baru klik jika kamu ingin memulai mengusulkan.



8. setelah itu akan muncul tab di sebelah kanan, kalian isi semua yang diperlukan dan berikan alasan yang tepat mengapa pembangunan ini harus segera dibangun agar usulan mu segera diterima oleh Pemerintah Daerah, jangan lupa sertakan foto dan lokasi .

9. Setelah selesai maka kamu tinggal klik tombol ajukan usulan dibagian ini agar usulan mu terkirim

10. Selesai, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Usulan Pembangunan hasil Musrenbang di aplikasi SIPD"