Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Ribuan Jemaah RI Ikut Tarwiyah, Begini Saran Tim Monev Haji 2023 Cak Nanto


Anggota Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Haji 2023 Sunanto alias Cak Nanto menyebut ada ribuan jemaah calon haji Indonesia yang akan mengikuti prosesi Tarwiyah di puncak ibadah haji pada 8 Dzuhijjah nanti. Dia mengaku menerima laporan di satu sektor saja yakni sektor 11 ada sekitar 3 ribu jemaah yang ikut Tarwiyah. Di sektor 7 juga dilaporkan ada sekitar 1.100 jemaah yang akan ikut Tarwiyah.

Angka tersebut di luar perkiraan Tim Monev Haji 2023. Awalnya Tim memperkirakan hanya beberapa kloter saja yang ikut Tarwiyah.


"Kalau kemarin sektor 11 ada sekitar 3 ribu yang ingin ikut tarwiyah dari beberapa kloter. Kemarin kami merasa paling beberapa kloter. Terus setelah kami ketemu dengan ketua kloter-ketua kloter yang kemarin mau tarwiyah dan memastikan data, kami mencoba mendatangi dan memastikan data. Kami mencoba mendatangi dan diskusi," kata Cak Nanto kepada wartawan di Makkah, Arab Saudi, Selasa 20 Juni 2023.


Memang, kata Cak Nanto, terkait jemaah yang ingin ikut Tarwiyah, pemerintah tidak melarang tapi juga tidak akan memfasilitasi. Namun melihat tingginya jumlah jemaah yang ikut tarwiyah ada beberapa hal yang perlu didiskusikan. Khususnya terkait jemaah yang berusia lanjut atau Lansia.


Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu, ada beberapa Kloter yang tidak mengajak jemaah Lansia ikut Tarwiyah. Namun ada beberapa Kloter yang mengizinkan Lansia ikut Tarwiyah di 8 Dzulhijjah. "Nah kami tanyakan teknisnya bagaimana, siapa pendamping kesehatannya, siapa yang bertanggung jawab. Sebab ketua kloter sebagai pembimbing pendamping secara SOP (Standar Operasional Prosedur) tidak bisa mendampingi," tutur Cak Nanto.


Dia pun mengusulkan bahwa harus ada mitigasi untuk mempersiapkan segala risiko mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada jemaah. Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Haji, kata Cak Nanto, sedang berusaha mendorong pemangku kebijakan terkait strategi apa yang akan diterapkan terkait penanganan jemaah Tarwiyah ini.


"Apa mau dibiarkan saja atau ada mekanisme perlindungan atau dibuat satu pos informasilah kira kira kalau ada jemaah-jemaah yang ikut tarwiyah untuk menyampaikan kalau ada problem lah kira kira, itu saja yang mau kami sampaikan," papar Cak Nanto.


Apalagi, kata dia, tahun ini Kementerian Agama mengusung tema, "Haji Ramah Lansia'. Sehingga Tim Monev Haji ingin memastikan bahwa semua jemaah termasuk yang Lansia benar-benar terlayani kebutuhan ibadahnya.


"Karena tahun ini temanya Ramah Lansia, kami mencoba berdiskusi bagaimana kan kami harus memastikan semua (jemaah haji) terlayani terfasilitasi, jemaah dalam kondisi sehat, jemaah bisa melakukan ibadah. Nah ini mekanismenya nanti akan seperti apa?" kata Cak Nanto.


Menurut Cak Nanto, Tim Monev Haji 2023 ingin mendapatkan informasi tentang penanganan jemaah haji yang ingin melakukan Tarwiyah. "Manajemennya seperti apa, kami harus mendapat informasi siapa Penanggungjawabnya, mengelola 3000 orang ini petugasnya berapa, dokternya berapa. Kalau 5 atau 6 (petugas kesehatan) kan khawatir kewalahan," kata dia.

sumber : 

Baca artikel detikhikmah, "Ribuan Jemaah RI Ikut Tarwiyah, Begini Saran Tim Monev Haji 2023 Cak Nanto" selengkapnya https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah/d-6783262/ribuan-jemaah-ri-ikut-tarwiyah-begini-saran-tim-monev-haji-2023-cak-nanto.

Posting Komentar untuk "Ribuan Jemaah RI Ikut Tarwiyah, Begini Saran Tim Monev Haji 2023 Cak Nanto"