Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

Apa Hukumnya Sholat Subuh Tetapi Tidak Membaca Doa Qunut? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat



Doa qunut dalam ibadah sholat Subuh masih menjadi salah satu hal yang kerap diperdebatkan. Sebab sebagian mengatakan wajib melakukannya, sebagian lagi tidak.Lantas, hukum seperti apa yang sebenarnya berlaku? Berikut ulasannya!


Apa hukumnya jika sholat Subuh tidak membaca doa qunut?


Ustaz Adi Hidayat, Lc., MA., dalam ceramahnya yang diunggah pada kanal YouTube Ceramah Pendek menyampaikan bahwa hukum sholat Subuh tidak membaca doa qunut tetap dianggap sah.


“Yang qunut benar, yang tidak qunut benar, yang salah yang tidak sholat Subuh” ungkapnya yang kemudian diikuti suara gelak penonton.


Sikap hukum yang berbeda itu seharusnya tidak dipermasalahkan karena masih memiliki kerangka hukum yang berbeda yaitu kewajiban sholat subuh. Justru sebaiknya kita tidak memaksakan sikap hukum orang lain harus sama dengan keyakinan kita.


Jadi bisa dikatakan bahwa hukum membaca doa Qunut saat sholat Subuh aalah sunnah.


Berdasarkan mazhab Imam Syafii, jika lupa membaca doa Qunut saat sholat Subuh, Anda bisa menggantinya dengan Sujud Sahwi.


Selain itu dibaca atau tidaknya qunut saat sholat Subuh sebaiknya mengikuti apa yang dilakukan Imam.


“Jangan Sujud Sahwi sendirian. Salah itu. Karena Sholat kan mengikuti imam” ujar Ustaz Adi Hidayat.


Buya Yahya menambahkan, apabila Anda mengikuti sholat Subuh berjamaah dan imam melakukan qunut padahal Anda tidak pernah melakukannya sehingga tidak hafal doanya, isilah dengan doa lainnya.


“Anda bisa baca doa apa saja. Baca saja robbana atina fiddu nya hasanah” ujarnya.


Sementara itu, Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa Anda bisa meng-Aamiin-kan saja apa yang dibaca oleh imam. Pemikiran ini sama dengan apa yang dianjurkan Ustaz Abdul Somad.


Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa sholat Subuh yang dilakukan dengan atau tanpa qunut tetap sah.


Sementara itu, jika Anda mengikuti sholat Subuh jama’ah, ikuti apa yang dilakukan imam. Jangan melakukan qunut sendiri meskipun Anda biasa melakukannya.


Demikian infromasi mengenai bagaimana hukum jika sholat Subuh tetapi tidak membaca Qunut, Anda tetap bisa melakukannya dan dianggap sah.

sumber : suara.com

Posting Komentar untuk "Apa Hukumnya Sholat Subuh Tetapi Tidak Membaca Doa Qunut? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat"