Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

About

malaikat maut tertawa, menangis, serta terkejut




MALAIKAT MAUT TERTAWA,MENANGIS SERTA TERKEJUT


Sebagai seorang muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan malaikat Karena, malaiakat terdapat pada rukun iman yang kedua.
   Malaikat merupakan makhluk yang di ciptakan oleh Allah SWT dari cahaya (Nur) dan bisa berupa berbagai bentuk. Untuk bentuk dan sifatnya tidak sama dengan manusia, malaikat juga tidak di golongkan baik laki-laki atau perempuan. Sehingga malaikat dalam menjalankan tugasnya sangat patuh dan taat kepada perintah Allah SWT.
  salah satunya malaikat izrail atau yang sering disebut sebagai malaikat maut, yaa malaikat yang bertugas sebagai  pencabut nyawa.
alaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang suci dan terhindar dari segala perbuatan dosa. Dan salah satu malaikat yang erat kaitannya dengan kehidupan umat manusia adalah malaikat maut.

Sebab Malaikat Maut bertugas untuk mencabut nyawa setiap manusia yang telah tiba ajalnya. Sehingga apabila Malaikat Maut telah menjalankan tugasnya maka hal tersebut menjadi tanda berakhirnya kehidupan umat manusia di dunia ini.

     Dan dalam kitab Tadzkirah tersebut juga disebutkan tentang percakapan antara Allah dengan malaikat maut. Dimana saat itu Allah SWT bertanya kepada malaikat maut, “Apakah kamu pernah menangis saat mencabut nyawa anak cucu Adam ?”


ALLAH swt. bertanya kepada malaikat maut: “Apakah kamu pernah menangis ketika kamu mencabut nyawa anak cucu Adam?”

Maka Malaikat pun menjawab: “Aku pernah tertawa, pernah juga menangis, dan pernah juga terkejut dan kaget.”

“Apa yang membuatmu tertawa?”
“Ketika aku bersiap-siap untuk mencabut nyawa seseorang, aku melihatnya berkata kepada pembuat sepatu, ‘Buatlah sepatu sebaik mungkin supaya bisa dipakai selama setahun’,”.
“Aku tertawa karena belum sempat orang tersebut memakai sepatu dia sudah kucabut nyawanya.”

  Kemudian Allah SWT bertanya, “Apa yang membuatmu menangis?”

Malaikat Maut pun menjawab, “Aku menangis saat hendak mencabut nyawa seorang wanita hamil di tengah padang pasir yang tandus dan ia hendak melahirkan. Maka aku pun menunggunya sampai bayinya lahir di gurun tersebut. kemudian aku cabut nyawa wanita itu sambil menangis karena aku mendengar tangisan bayinya namun tidak ada seorang pun disana yang mengetahui hal itu.”

Kemudian Allah SWT bertanya, “Lantas, apa yang membuatmu terkejut dan kaget?”

Maka Malaikat Maut pun menjawab, “Aku terkejut dan kaget saat hendak mencabut nyawa salah seorang ulama. Saat itu aku melihat cahaya terang benderang dari kamarnya. Setiap kali aku mendekatinya maka cahaya itu semakin menyilaukanku seolah ingin mengusirku. Sehinnga aku cabut nyawanya disertai cahaya tersebut.”

Dan Allah SWT pun bertanya lagi, “Apakah kamu tahu siapa lelaki itu ?”

“Tidak ya Allah” jawab Malaikat Maut.

 “Sesungguhnya lelaki tersebut adalah bayi dari wanita yang engkau cabut nyawanya di gurun pasir yang gersang itu. Dan Akulah yang menjaganya dan tidak membiarkannya.” (kl/ypu)

Posting Komentar untuk "malaikat maut tertawa, menangis, serta terkejut"